You need to enable javaScript to run this app.

Tugas Project Akhir Kelas XIDKV1 & XIDKV2

  • Selasa, 20 Mei 2025
  • Kanghaki
  • 0 komentar
Tugas Project Akhir Kelas XIDKV1 & XIDKV2

 

Judul Tugas:

Pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif Fotografi Menggunakan Adobe Animate

Deskripsi Tugas:

Siswa kelas XI diminta membuat sebuah Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) bertema Fotografi Dasar menggunakan Adobe Animate. Media ini harus mencakup materi edukatif, interaktivitas navigasi, ilustrasi visual, serta kuis interaktif sebagai checkpoint evaluasi.

Tujuan Pembelajaran:

✅ Memahami dan menjelaskan dasar-dasar teknik fotografi.

✅ Membuat media pembelajaran interaktif dengan Adobe Animate.

✅ Mengintegrasikan teks, gambar, animasi, dan tombol interaktif dalam satu proyek.

✅ Mendesain kuis interaktif sebagai alat evaluasi pembelajaran.

Struktur Isi Menu MPI Fotografi:

  1. Beranda (Home/Menu)
  • Tampilan pembuka dengan judul dan tema.
  • Tombol “Mulai Belajar”.
  • Pengantar singkat dan tujuan pembelajaran.
  1. Materi
  • Pengertian Fotografi: Seni dan teknik menangkap cahaya untuk menghasilkan gambar.
  • Jenis Kamera: DSLR, Mirrorless, Kamera HP, Kamera Analog.
  • Komponen Kamera: Lensa, sensor, shutter, aperture, ISO, viewfinder.
  • Teknik Dasar Fotografi: Rule of Thirds, Leading Lines, Framing, ISO, Shutter Speed, Aperture.
  • Jenis-Jenis Fotografi: Landscape, Portrait, Street, Makro, Produk.
  • Etika Fotografi: Minta izin, tidak mengganggu, tidak menyebarkan tanpa izin.
  1. Video Tutorial (Opsional)
  • Video singkat tentang teknik atau penggunaan kamera.
  • Bisa berupa video embed atau tautan eksternal (YouTube, dll).
  1. Kuis Interaktif
  • 10 soal pilihan ganda.
  • Feedback langsung dan skor otomatis.
  1. Glosarium
  • Daftar istilah penting fotografi dan definisinya.
  1. Tips & Trik
  • Tips praktis mengambil foto bagus.
  • Contoh pengaturan kamera dan teknik sederhana.
  1. Tentang
  • Profil pembuat MPI.
  • Tujuan dan sumber referensi.
  • Kontak (bila perlu).
  1. Keluar / Logout
  • Tombol untuk keluar atau menutup aplikasi.

Desain & Struktur Teknis:

  • Ukuran Stage: 1280×720 px (HD) atau 1920×1080 px (Full HD)
  • Format Output: .FLA, .EXE, dan/atau .APK
  • Jumlah Scene: 8 (sesuai alur menu)
  • Layer: Disusun rapi per scene (Background, Konten, Teks, Tombol, Navigasi)
  • Navigasi: Tombol interaktif “Mulai”, “Lanjut”, “Kembali”, “Ulangi”, dan “Keluar”
  • Kuis: Sistem skor otomatis, jawaban acak
  • Animasi: Transisi antar halaman dengan motion tween
  • Visual Asset: Ikon kamera, ilustrasi lensa, dll.
  • Kode Interaktif: Menggunakan ActionScript 3.0 untuk navigasi dan kuis

 

 

Rubrik Penilaian Proyek:

Kriteria Penilaian

Skor Maksimal

Deskripsi

Kesesuaian & Kelengkapan Materi Fotografi

30

Materi sesuai, lengkap, runtut dan mudah dipahami

Desain Visual & Tata Letak

20

Konsisten, menarik, estetis, dan mudah dibaca

Animasi dan Transisi

10

Transisi antar halaman halus dan mendukung penyampaian isi

Interaktivitas Navigasi & Tombol

20

Tombol bekerja sesuai fungsinya dan memudahkan pengguna

Kuis Interaktif (10 soal PG dengan feedback)

20

Soal berkualitas, ada skor otomatis, dan acak pilihan jawaban

Total Skor

100

 

 

Batas Waktu Pengumpulan:

Tugas ini dikumpulkan paling lambat pada: Jumat, 30 Mei 2025
Media Pengumpulan:
✅ BeSmart
✅ Samba Share

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Kang Haki

- Ketua -

Jika kamu tak tahan letihnya dan penatnya belajar, maka sungguh kamu akan menanggung perihnya kebodohan (nasehat imam syafi'i). Kulon Progo, 22…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Skill apa yang kalian pengin kuasai selama PKL?

Hasil
Banner