You need to enable javaScript to run this app.

Kegiatan Selasa, 13 Januari 2025 Mengajar Kelas XIDKV2

Kegiatan Selasa, 13 Januari 2025 Mengajar Kelas XIDKV2

Bahan Ajar: Membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Adobe Animate 2022

Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari bahan ajar ini, siswa mampu:

  1. Membuat proyek multimedia pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Animate 2022.
  2. Menggunakan ActionScript 3.0 untuk navigasi antar scene.
  3. Mendesain dan mengintegrasikan animasi, menu, dan tombol navigasi


I. Persiapan Proyek

  1. Membuat Proyek Baru:

    • Buka Adobe Animate 2022.
    • Pilih File > New > Pilih ActionScript 3.0.
    • Atur ukuran stage (misalnya, 1280x720 px) dan frame rate (24 fps).
  2. Menambahkan Scene:

    • Buka Window > Scene untuk membuka panel Scene.
    • Tambahkan scene berikut:
      • Scene 1: Opening
      • Scene 2: Menu
      • Scene 3: Materi
      • Scene 4: Evaluasi
      • Scene 5: Profil
      • Scene 6: Exit

II. Desain dan Animasi Tiap Scene

1. Scene Opening:

  • Tambahkan teks judul pembelajaran menggunakan Text Tool (T), misalnya:

    "Multimedia Pembelajaran Interaktif"

  • Tambahkan logo sekolah atau gambar pendukung (File > Import to Stage).
  • Animasi teks:
    • Pilih teks > Convert to Symbol (F8) > Pilih Movie Clip.
    • Tambahkan Motion Tween pada timeline untuk membuat teks muncul perlahan.
  • Tambahkan tombol "Mulai":
    • Gambar tombol > Convert to Symbol > Pilih Button.
    • Tambahkan instance name: btn_start.

2. Scene Menu:

  • Desain menu utama dengan tombol navigasi ke:
    • Materi, Evaluasi, Profil, dan Keluar.
  • Beri instance name pada tombol:
    • btn_materi, btn_evaluasi, btn_profil, btn_exit.

3. Scene Materi:

  • Tambahkan teks atau gambar yang menjelaskan materi pembelajaran.
  • Gunakan Text Tool (T) dan Image Import untuk mendesain halaman.

4. Scene Evaluasi:

  • Desain halaman evaluasi, misalnya berupa kuis pilihan ganda.
  • Gunakan tombol untuk menjawab soal dan melanjutkan ke soal berikutnya.

5. Scene Profil:

  • Tambahkan informasi tentang pembuat multimedia atau informasi tambahan lainnya.

6. Scene Exit:

  • Tambahkan pesan keluar, misalnya:

    "Terima kasih telah menggunakan aplikasi ini."

  • Tambahkan tombol untuk menutup aplikasi.

III. Menambahkan Navigasi dengan ActionScript 3.0

  1. Script di Scene Opening:
    • Pilih frame pertama > Buka panel Actions (F9).
    • Tambahkan kode berikut untuk navigasi ke Menu:
actionscript
btn_start.addEventListener(MouseEvent.CLICK, goToMenu); function goToMenu(event:MouseEvent):void { gotoAndPlay(1, "Menu"); }
  1. Script di Scene Menu:
    • Pilih frame pertama di Scene Menu > Tambahkan kode berikut:
actionscript
btn_materi.addEventListener(MouseEvent.CLICK, goToMateri); btn_evaluasi.addEventListener(MouseEvent.CLICK, goToEvaluasi); btn_profil.addEventListener(MouseEvent.CLICK, goToProfil); btn_exit.addEventListener(MouseEvent.CLICK, goToExit); function goToMateri(event:MouseEvent):void { gotoAndPlay(1, "Materi"); } function goToEvaluasi(event:MouseEvent):void { gotoAndPlay(1, "Evaluasi"); } function goToProfil(event:MouseEvent):void { gotoAndPlay(1, "Profil"); } function goToExit(event:MouseEvent):void { gotoAndPlay(1, "Exit"); }
  1. Script di Scene Exit:
    • Tambahkan kode untuk keluar dari aplikasi:
actionscript
import flash.system.fscommand; btn_exit.addEventListener(MouseEvent.CLICK, closeApp); function closeApp(event:MouseEvent):void { fscommand("quit"); }

IV. Mengintegrasikan Audio dan Video

  1. Menambahkan Audio:

    • Import audio (File > Import to Library).
    • Seret file audio ke timeline untuk suara latar.
  2. Menambahkan Video:

    • Import video (File > Import > Import Video).
    • Pilih Embed Video untuk menyisipkan video di scene tertentu.

V. Menguji dan Mengekspor Proyek

  1. Uji Proyek:

    • Pilih Control > Test Movie > Test untuk menjalankan proyek.
    • Pastikan setiap tombol berfungsi sesuai navigasi yang diinginkan.
  2. Ekspor Proyek:

    • Pilih File > Publish Settings.
    • Pilih format SWF atau HTML5.
    • Klik Publish untuk menghasilkan file siap digunakan.

VI. Tugas Mandiri

  1. Tambahkan animasi di setiap scene agar lebih menarik.
  2. Buat Scene Opening, Menu, & Close
  3. Buat Desain Seperti contoh gambar di atas.
  4. Upload file FLA dan EXE di besmart Tugas 2 
Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Kang Haki

- Ketua -

Jika kamu tak tahan letihnya dan penatnya belajar, maka sungguh kamu akan menanggung perihnya kebodohan (nasehat imam syafi'i). Kulon Progo, 22…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Skill apa yang kalian pengin kuasai selama PKL?

Hasil
Banner