Kegiatan Kamis, 26 September 2024. Rapat Koordinasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS)

- Rapat Koordinasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) meliputi 3 komponen yaitu Kepribadian, Sosial dan Prosesional.
- Komponen 3 Profesional terdiri dari a). Mengembangkan Visi dan Budaya Belajar Sekolah, b). Melaksanakan Kempimpinan Pembelajaran yang Berpusat pada Peserta Didik. c) Pengelolaan Sumber Daya Sekolah Secara Efektif. Transparan dan Akuntabel.
- Instrumen PPKS : Penampilan, Pelayanan, Prestasi Sekolah_P3.
- Pelaksanaan Pendidikan Berbasis Budaya dan Pengelolaan Lingkungan Sekolah
Mendapatkan tugas melengkapi bukti terkait Indikator 3.2.8. dan Indikator 3.2.9.
- Indikator 3.2.8. Memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah Memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah
- Mengoptimalkan pemanfaatan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah (contoh: ada inovasi alat peraga pembelajaran, multimedia pembelajaran, memanfaatkan teknologi informasi dalam manajemen sekolah).
- Memfasilitasi guru memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran (contoh:pemanfaatan barang bekas menjadi alat peraga pembelajaran, memfasilitasi penggunaan LCD dan multimedia).
- Memfasilitasi tenaga administrasi sekolah memanfaatkan teknologi secara efektif dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah (contoh: pemanfaatan komputer dan internet dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah).
- Memfasilitasi guru dan tenaga administrasi sekolah dalam kreatifitas, inovasi sehingga pembelajaran dan manajemen sekolah semakin efektif sesuai dengan tuntutan perubahan.
- Indikator 3.2.8. Ditunjukkan dengan 4 bukti :
- Optimalisasi pemanfaatan teknologi secara efektif dalam pembelajaran dan manajemen sekolah.
- Guru memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran.
- Tenaga administrasi sekolah memanfaatkan teknologi secara efektif dalam menyelasaiakan pekerjaan administrasi sekolah.
- Guru dan tenaga administrasi sekolah kreatifi, inovatif sehingga pembelajaran dan manajemen sekolah semakin efektif sesuai dengan tuntutan perubahan.
- Indikator 3.2.8 Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran.
- Memberikan contoh kedisiplinan dan kinerja guru untuk mewujudkan visi dan misi sukses sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran (contoh: mengajar berdiferensiasi, ada kemauan yang kuat untuk mengembangkan diri, pelatihan kepemimpinan, belajar dari kepala sekolah yang sukses).
- Mampu aktif dalam forum pertemuan ilmiah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran (contoh: seminar pendidikan, karya tulis ilmiah).
- Mampu aktif dalam forum musyawarah/ kelompok kerja kepala sekolah, MGMP dan organisasi profesi lainnya.
- Memberikan keteladanan dan aktif dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan (contoh: ada karya inovasi pendidikan, publikasi ilmiah, pengembangan diri)
- Indikator 3.2.9. Ditunjukkan dengan 4 bukti :
- Selalu disiplin dalam mengajar dan mempunyai kinerja tinggi.
- Selalu aktif dalam forum pertemuan ilmiah.
- Selalu aktif dalam forum musyawarah/ kelompok kerja kepala sekolah , MGMP dan organisasi profesi lainnya.
- Selalu memberikan keteladanan dan aktif dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan.